Selasa, 14 Januari 2014

SOAL ORGANISASI DAN ADMINISTRASI INTERNASIONAL

Soal Ujian Semester Gasal T.A 2013/2014

Mata Kuliah         : Organisasi dan Administrasi Internasional
Semester/Progdi   : III / Administrai Negara
Ketentuan             : Jawaban dikirim lewat e-mai ke : djsutanto66@yahoo.co.id, paling lambat hari Sabtu, 18 Januari 2014, Jam. 23.59 WIB
Dosen                 : Drs. Djoko Sutanto, M.Si

      Soal  
  1. Apa makna dari hubungan internasional, dan bagimana faktanya dalam kehidupan bernegara yang ada pada saat ini, jelaskan dengan argumentasi yang tepat dan rasional. 
  2. Ada 4 (empat) macam komponen hubungan luar negeri, yaitu actors, objective, conditions, dan resource. Diskripsikan (gambarkan) hubungan antara keempat komponen tersebut untuk mewujudkan hubungan luar negeri yang berdaulat bagi suatu negara. 
  3. Ada 4 (empat) macam bentuk interaksi yang terjadi diantara negara-negara yang ada di dunia ini, yaitu; (1) persaingan, (2) permusuhan, (3) akomodasi, (4) kerjasama. Berikan contoh konkrit bentuk-bentuk interaksi tersebut yang saat ini terjadi di belahan dunia, berikan pula argumentasi dari jawaban saudara tersebut!. 
  4. Terbentuknya Liga Bangsa Bangsa didasari oleh “Wilson’s Fourteen Point’s” sedangkan Perserikatan Bangsa Bangsa didasari oleh “Atlantic Charter”. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara keduanya!.
  5. Salah satu karakteristik Perserikatan Bangsa Bangsa suatu organisasi untuk pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya peperangan maka negara-negara penyebab perang akan dihadapi bersama-sama oleh PBB. Menurut saudara apakah karakteristik yang demikian ini sudah diwujudkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa, berikan argumentasi yang mendukung jawaban saudara!. 
  6. Amerika Serikat, Republik Rakyat China, Rusia, Perancis, dan Inggris adalah Negara-negara yang meiliki hak veto di Dewan Keamanan PBB. Apa keuntungan dan kerugian bagi masyarakat dunia dengan pemberian hak veto kepada negara-negara besar tersebut?.
   -God bless you-

1 komentar: