Jumat, 17 Januari 2014

SOAL PENGANTAR ILMU POLITIK FAKULTAS HUKUM


Soal Ujian Semester Gasal 2013/2014
Mata Kuliah         : Pengantar Ilmu Politik
Semester/Progdi   : I / Ilmu Hukum
Hari/tanggal          : Jawaban dikumpulkan, Kamis, 23 Januari 2014

Dosen                   : Drs. Djoko Sutanto, M.Si
 
Soal
  1. Kedaulatan merupakan salah satu unsur terpenting dalam pembentukan sebuah negara. Apa yang dimaksud dengan kedaulatan de facto dan apa yang dimaksud dengan kedaulatan de jure?. Kedaulatan apa yang lebih dominan pada pemerintahan di Indonesia?, berikan argumentasi dari jawaban saudara.
  2. Ada jenjang/tingkatan untuk menggambarkan partisipasi politik, tingkatan yang mana yang paling berpengaruh dalam proses politik di Indonesia?, berikan diskripsi dan argumentasi yang mendasari jawaban saudara tersebut.
  3. Diantara berbagai fungsi partai politik yang ada, manakah fungsi partai politik yang sudah diterapkan oleh partai politik di Indonesia?, apakah fungsi-fungsi tersebut sudah optimal?. Berikan argumentasi dari pendapat saudara tersebut.
  4. Pada saat ini banyak sekali terjadi kekerasan politik di Indonesia. Apakah hal tersebut merupakan cerminan budaya politik masyarakat kita?, jelaskan dengan argumentasi yang rasional jawaban saudara.
  5. Birokrasi di Indonesia cenderung tidak efektif, tidak efisien dan melemahkan nilai, mengapa hal ini bisa terjadi? dan bagaimana cara memperbaikinya? berikan argumentasi dari jawaban saudara.

===== God bless you =====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar